SEJARAH POLTEKES TNI AU

Sejarah POLTEKES TNI AU Ciumbuleuit Bandung

Keberadaan Poltekes TNI AU Ciumbuleuit sekarang ini sebenarnya berawal dari adanya Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) TNI AU Ciumbuleuit tahun 1984 yang berada dibawah RS.TNI AU Dr.salamun bertugas menyelenggarakan pedidikan perawat dari lulusan SMP. Perkembangan selanjutnya nekerjasama dengan Depkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan juga pendidikan Bidan Tingkat Diploma I. Berdasarkan tuntutan dari organisasi profesi, masyarakat, depkes dan stake holder kesehatan yang mensyaratkan profesi kesehatan minimal D III Keperawatan, SPK TNI AU Ciumbuleuit berubah bentuk Akademi Keperawatan TNI AU Ciumbuleuit. Legalitas penyelenggaraan Akademi Keperawatan TNI AU Ciumbuleuit berdasarkan SK pusdiknakes No. HK.00.06.1.3.1773 Tanggal 23 Juni 1999 tentang berdirinya AKPER TNI AU Ciumbuleuit. Pada tahun 2003 AKPER TNI AU Ciumbuleuit mendapatkan akreditasi B berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan No. HK. 00.06.2.2.504 Tanggal 03 April 2003. Hal tersebut menunjukan bahwa AKPER TNI AU Ciumbuleuit dinilai telah memiliki rasa tanggung jawab terhadap masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mempertahankan kualitas penyelenggaraan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan perawat yang betul-betul profesional dan terampil yang mampu bekerja baik didalam maupun di luar negeri.

Dalam perjalanannya AKPER TNI AU Ciumbuleuit berkeinginan untuk mengembangkan pendidikan kesehatan dengan merubah bentuk menjadi Politeknik Kesehatan TNI AU Ciumbuleuit dengan penambahan Program Studi Kebidanan dan Farmasi. Hal ini direstui berdasarkan Rekomendasi Depkes RI No: HK. 03.2.4.1.02113, TANGGAL 30 April 2007 Kebidanan, No: HK.03.2.4.1.02112, TANGGAL 30 april 2007 Farmasi, sedangkan legalitas penyelenggaraan Program Studi (PS) Keperawatan, Kebidanan, dan Farmasi Poltekes TNI AU Ciumbuleuit adalah “Ijin Operasional” berdasarkan SK Mendiknas Nomor: 157/D/O/2007 Tanggal 20 Agustus 2007. Pada waktu yang bersamaan terbit keputusan Mendiknas bahwa penyelenggaraan pendidikan harus berada dibawah Yayasan, maka perubahan AKPER TNI AU menjadi Poltekes TNI AU Ciumbuleuit diikuti dengan perubahan penyelenggara dari semula berada dibawah RS.TNI AU Dr M. Salamun menjadi berada dibawah Yayasan Adi Upaya (YASAU) berdasarkan surat keputusan Nomor : skep/403/XI/2006.

Dalam pengelolaannya Poltekes TNI AU Ciumbuleuit didasarkan pada tata aturan yang mengatur manajemen Akademi Pendidikan tinggi, meliputi hal-hal yang berkaitan dengan sistem kredit semester yang mengatur tentang kurikulum, sistem evaluasi, metode pembelajaran, persyaratan kualitfikasi bagi pengajar, dan proses belajar mengajar. Kurikulum disusun dengan asas relevansi, akurasi, dan adaftif terhadap kebutuhan pasar kerja. Sistem evaluasi untuk menilai hasil belajar mahasiswa dilakukan dalam berbagai bentuk yang melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa dan dosen. Ketersediaan dosen dengan kualifikasi yang memadai sesuai dengan program studi yang ada selalu menjadi perhatian pokok Poltekes TNI AU Ciumbuleuit. Sedangkan dalam proses belajar mengajar lebih menekankan pada keharmonisan penyampaian materi dengan ketercapaian tujuan pembelajaran dan tetap menekankan pentingnya suasana yang menyenangkan baik bagi dosen maupun bagi mahasiswa. Hal ini diakui oleh pemerintah berupa Akreditasi dari BAN PT dan LAM-PTKes

  • Nomor : 1229/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2015 Poltekes TNI AU Ciumbuleuit Akreditasi B

  • Nomor : 0518/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2016 program studi Keperawatan mendapat Akreditasi B.

  • Nomor : 0211/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2016 program studi Kebidanan mendapat Akreditasi B.

  • Nomor :  0518/LAM-PTKes/Akr/Dip/III/2016program studi Farmasi mendapat Akreditasi B.

Perkembangan selanjutnya Poltekes TNI AU Ciumbuleuit lebih memfokuskan pada upaya menghasilkan lulusan yang dapat bertugas sebagai tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan kemampuan bertindak profesional sebagai tenaga Keperawatan, Kebidanan, dan Farmasi pada masyarakat, RS, Puskesmas, Asuran Kesehatan, Apotek, Perusahaan dan Dinas terkait serta mampu bekerja di luar negeri. Hak ini sangat dimungkinkan dicapai, karena Poltekes TNI AU Ciumbuleuit memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan pihak pengguna, baik dari Instansi Pemerintah, swasta, perusahaan pengeerah jasa tenaga perawata untuk bekerja didalam maupun di luar negeri. Kenyataannya lulusan Poltekes TNI AU Ciumbuleuit telah banyak yang berkiprah atau terserap untuk bekerja di luar negeri diantaranya beberapa Rumah Sakit di Arab Saudi, S.O.S, International, dan terakhir beberapa Rumah Sakit di Jepang.